5 Fitur Berguna dari Smartphone Lambat Laun akan Menghilang

Seiring berkembangnya smartphone, berbagai inovasi dan kratifitas produsen semakin bermunculan. Mungkin inovasi tersebut baru awal lalu lama-kelamaan akan menghilang sepenuhnya. Inovasi smartpone memang membutuhkan space(ruang) tambahan dan yang akan menjadi korban dari inovasi fitur yang dianggap sudah jadul. Berikut adalah beberapa fitur smartphone yang menghilang atau dalam proses menghilang.

1. Hilangnya IR Blaster Pada Smartphone Flagship
Inframerah bukanlah teknologi baru, banyak ponsel yang menggunakan teknologi ini pada tahun 2000-an. Dahulu inframerah berguna untuk mengirim file dari satu ponsel ke ponsel lainnya, tapi itu sebelum datangnya teknologi yang lebih cepatseperti Bluetooth dan Wifi. Sekarang inframerah telah datang kembali dalam bentuk IR blaster, yang bisa kamu ubah sebagai remote universal.

Tapi smartphone canggih saat ini seperti Samsung Galaxy S7, Galaxy Note 7, dan HTC 10, kebanyakan dari mereka telah menghilangkan teknolog ini. Walaupun kamu masih dapat menemukannya pada smartphone kelas menengah.

2. Thermometer
Dulu, pada tahun 2001 Nokia merilis Nokia 5210, yang didalamnya terdapat fitur menarik pada ponsel tersebut yaitu Sensor Termometer. Dengan sensor tersebut kamu dapat menunjukan suhu ruangan disekitar kamu. Pada tahun 2013 fitur ini telah muncul kembali pada smartphone Samsung Galaxy S4 yang dipadukan dengan aplikasi S-Health. Tapi fitur ini sudah tidak ada lagi pada smartphone sekarang ini. mungkin disebabkan karena smartphone telah mengeluarkan suhu mereka sendiri, sehingga akan menjadi sulit untuk mendeteksi suhu di luar smartphone.

3. Flash Xenon
Fitur ini juga pernah populer pada ponsel kamera jaman dahulu. Tapi lambat laun Flash Xenon sudah tidak menjadi prioritas utama dalam kamera ponsel. Hal ini disebabkan karena muculnya teknologi baru yaitu LED Flash yang memerlukan daya lebih sedikit dan menghasilkan cahaya yang lumayan terang. Perkembangan teknologi kamera saat ini juga telah mengalami perkembangan yang sangat luar biasa seperti Aperture Besar dan Fitur OIS (Optical Image Stabilization). Dengan hal tersebut teknologi Flash Xenon hampir tidak dibutuhkan kembali dalam dunia fotografi.

4. FM Transmitter
FM Transmitter bukanlah radio melainkan semacam gelombang radio. Jadi jika kamu set FM Transmitter ke gelombang yang kosong alias tidak digunakan oleh stasion radio lain, maka kamu dapat berkomunikasi satu sama lain. Mungkin teknologi ini mirip dengan Walkie Talkie. Tapi teknologi ini sudah sangat jarang kamu temukan di smartphone. Mungkin salah satu penyebabnya adalah larangan unutk menggunakan gelombang radio secara sembarangan oleh pemerintah setempat.

5. 3.5mm Headphone Jack 
Beberapa bulan lalu sejak peluncuran iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Mengambil keputusan unutk menghilangkan port 3.5mm Headphone Jack bukanlah pilihan yang tanpa alasan. Karena Apple mengklaim bahwa menghilangkan jack audio adalah hal yang terbaik unutk membuat ruang lebih banyak pada smartphone unutk meningkatkan kapasitas baterai dan optik kamera.

Jika anda mencari referensi - referensi tentang desain website , anda dapat melihat di website Bali Web Developers .

Sumber : jalantikus.com

Komentar