Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia

Situs jejaring sosial adalah sebuah media online yang mengizinkan para pengguna(user) untuk membuat profil atau informasi pribadinya sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Situs jejaring sosial juga mengizinkan penggunanya unutk menuliskan kegiatan-kegiatan sehariannya ataupun berbagai hal yang dialami atau dirasakannya.

Memang saat ini terdapat ratusan situs jejaring sosial di dunia dan diantara ratusan situs jejaring sosial tersebut, facebooklah yang merupakan situs jejaring sosial terpopuler di dunia dengan pengguna aktifnya sebanyak 1,35 miliar user. 

Berikut adalah deretan situs jejaring sosial terpopuler di dunia berdasarkan jumlah pengguna aktifnya
1. Facebook
Jumlah Pengguna AKtif : 1,35 Miliar
Negara Asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2004
Situs Website : Facebook.com

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berkantor pusat di Menlo Park California dan telah menjadi perusahaan terbuka (Tbk) pada tahun 2012 dengan pendapatan US $7,87  miliar di tahun 2013. Beberapa perusahaan teknologi yang diakuisi oleh Facebook diantaranya seperti Instagram, Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore.

2. Qzone
Jumlah Pengguna Aktif : 629 juta
Negara Asal : China
Tahun Berdiri : 2005
Situs Website : qzone.qq.com

Qzon merupakan situs jejaring sosial yang dibuat oleh perusahaan China yaitu Tencent Holding Limited pada tahun 2005. Meskipun merupakan jejaring sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak kedua di dunia. Namun Qzone hanya terkenal di China dengan sebagian besar penggunanya Warga Negara China.

3. Google+
Jumlah Pengguna Aktif : 343 juta
Negara Asal : Amerika Serikat
Tahun Diluncurkan : 2011
Situs Website : plus.google.com

Google+ atau Google Plus adalah produk dari perusahaan raksasa internet Google Inc yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Plus adalah salah satu situs jejaring sosial yang memiliki perkembangan pesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil menarik 343 juta pengguna aktif. 

4. LinkedIn
Jumlah Pengguna Aktif : 332 juta
Negara Asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2003
Situs Website : linkein.com

LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang berorientasi pada bisnis. Umumnya linkedin digunakan sebagai jejaring sosial untuk para profesional. LinkedIn berkantor pusat di Mountain View California ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2011 dengan pendapatan pada tahun 2013 sebesar US $1,52 juta. 

5. Instagram
Jumlah Pengguna Aktif : 300 juta
Negara Asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2010
Situs Website : instagram.com

Instagram adalah situs jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya utuk mengambil foto atau video dan mengolahnya dengan berbagai filter digital kemudian membagikannya keberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan tentunya Instagram itu sendiri. 

6. Twitter 
Jumlah Pengguna Aktif : 284 juta
Negara Asal : Amerika Serikat
Tahun berdiri : 2006
Situs Website : twitter.com

Twitter adalah situs jejaring sosial yang hanya mengizinkan para penggunanya mengirimkan dan membaca teks sebanyak 140 karakter, pesan singkat Twitter ini sering disebut dengan Tweets atau kicauan. Twitter yang didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Wiliams, Biz Stone dan Noah Glass pada tahun 2006 ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2013 dengan pendapatan US $664 juta pada tahun 2013.

7.  Tumblr
Jumlah Pengguna Aktif : 230 juta
Negara Asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2007
Situs Website : tumblr.com

Tumblr adalah situs jejaring sosial dan micro blogging yang didirikan oleh David Karp. Tumblr telah diakuisisi oleh Yahoo pada tahun 2013 dengan nilai US $1,1 miliar.

8. Sina Weibo
Jumlah Pengguna Aktif : 157 juta
Negara Asal : China
Tahun Berdiri : 2009
Situs Website : weibo.com

Weibo adalah situs jejaring sosial yang berasal dari China dan hanya populer di Negara China. Hal ini dikarenakan bahasa yang didukungnya hanya bahasa Mandarin dan bahasa Inggris saja. Weibo Juga sering disebut-sebut sebagai Twitternya China.

Jika anda mencari referensi - referensi tentang desain website , anda dapat melihat di website Bali Web Developers .

Komentar