5 Hacker Paling Berbahaya di Dunia

Nama Hacker, sudah sangat familiar dengan nama tersbut. Hacker atau peretas adlaah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, serta menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan. 

Sejarah peretas mucul di awal tahun 1960-an, pada masa itu anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratium Kecerdasan Artifisial Massachhusetts Institute of Techonlogi (MIT) adalah salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainframe. Awalnya, hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyeby=ut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang baik daripada yang telah dirancang bersama.

Namun, pada tahun 1983 konotasi Hacker berubah menjadi negatif, karena pada tahun tersebut FBI menangkap kelompok cyber crime bernama The 414s yang berbasis di AS, untuk pertama kalinya. Banyak orang mengaku hacker namun tidak bertanggung jawab sehingga para hacker asli menyebut mereka sebagai cracker. Hacker-hacker ini kemudian mengadakan pertemuan hacker tahunan terbesar di dunia yang dinamakan Def Con tiap pertengahan Juli di Las Vegas.

Jadi, Hacker (White Hat Hackers) adalah peretas yang sebenarnya yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik daripada yang telah dirancang bersama. Sedangkan Cracker (Black Hat Hacker) adalah peretas yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus dan menggunakan celah-celah keamanana yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusupp serta merusak suatu sistem. Beriku adlaah 5 Hacker Paling Berbahaya di Dunia 

1. Astra
(ilustrasi)
Belum ada yang mengetahui nama asli hacker berbahaya ini, namun para polisi Yunani mengungkapkan bahwa Astra merupakan seorang ahli matematika erusia 58 tahun yang merupakan penduduk Athena. Pria ini mulai melakukan cyber crime sejak tahun 2002 dan terparah pasa tahun 2005 karena ia menyusup ke sistem perusahaan militer Prancis bernama Dassault, ia mencuri informasi tentang beberpaa senjata, pesawat terbang, dan teknolgi lainnya lalu menjual ke pihak lain.

2. Albert Gonzalez
Hacker yang satu ini mendapatkan banyak kekayaan dari kemampuannya. Albert bertaggung jawab atas pencurian kartu kredit dan nomor ATM terbesar di tahun 2005 hingga 2007. Jika ditotalkan, Albert berhasil menyebabkan kerugian sekitar 2.5 triliun rupiah dengan lebih dari 170 juta rincian kartu kredit.

3. Owen Walker
Hacker ini lebih dikenal dengan sebutan AKILL. AKILL merupakan hacker berbahaya yang terampil melancarkan serangan terhadap sejumlah situs web dan sistem komputer selama beberapa tahun ini. AKILL bertanggung jawab atas penciptaan virus abot yang memungkinkan untuk mengambil kendali dari jutaan komputer di seluruh dunia dan mulai menggunakannya untuk menyerang terhadap sasaran tertentu. 

4. Adrian Lamo
Hacker yang satu ini merupakan seorang jurnalis. Ia bisa menjadi hacker maupun cracker. Adrian mulai dikenal setelah berhasil menjebol sistem komputer The New York Times, Yahoo!, bahkan Microsoft pada tahun 2002. 

5. Jonathan Joseph James
Jonatahn adalah seorang hacker berbahaya, ia sudah meninggal pada tahun 2008 silam. Beritanya beredar tentang penyebab kematiannya, karena bunuh diri. Meskipun begitu, saat hidupnya Jonathan telah berhasil mencuri software NASA dan membuat NASA harus mematikan servernya selama tiga minggu dengan kerugian mencapai 600 juta rupiah.

Jika anda mencari referensi - referensi tentang pembayaran online, anda dapat melihat di website Bali Web Developers.

Sumber : jalantikus.com

Komentar