Pengertian dan Jenis-Jenis Google Cloud Platform

Google Cloud Platform adalah sebuah produk Cloud Computing dari Google yang terdiri dari 4 jenis layanan yang bertujuan untuk membuat sebuah project berbasis Cloud Computing atau komputasi berbasis internet agar bisa dimanfaatkan dalam skala global, adapun 4 jenis layanan tersebut adalah Google AppEngine, Goole BigQuery, GoogleCompute Engine dan Google Cloud Storage

Nah, Google Cloud ini mempunyai beberapa kelebihan, jika anda menggunakannya. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan mdengan menggunakan Google Cloud Platform
1. Keamanan Data
Dengan menggunakan layanan Google Cloud Platform ini, memungkinkan kita untuk memimiliki kemamanan data yang sangat terjamin, hal ini merupakan karena faktor penting untuk membangun sebuah layanan berbasis internet.

2. Data Terpusat
Peyimpanan yang terpusat sangat diperlukan untuk membangun sebuah layana dengan skala besar, terutama apabila pengguna dari layanan tersebut sangat banyak.

3. Menghemat Biaya
Jika kita memikirkan investasi jangka panjang, layanan Google Coud bisa menekan biaya pengadaan infrastuktur sistem yang kita perlukan untuk membangun sebuah aplikasi untuk bisnis kita.

4. Fleksibel 
Dimanapun kita berada kita bisa mengakses data yang kta simpan di Google Cloud dengan mudah dan yang perlu kita sediakan hanya akses internet. Kita juga bisa menggunakan RESTful API agar aplikasi yang kita buat bisa di intergasikan dengan smartphone berbasis android ataupun iOS Apple.

Jenis-Jenis Layanan Google Cloud Platform
Google BigQuery
Layanan Google ini sangat cocok digunakan sebagai tools untuk menganalisis data ukuran besar hingga ukurang mencapai Terabyte atau Petabite denagn membutuhkan waktu hayan hitungan detik. Layanan ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi bisnis skala besar. Google BigQuery ini banyak digunakan oleh perusahan-perusahaan besar untuk membantu menganalisis data transaksi bisnis mereka.

Google Cloud Storage
Google Cloud Storage merupaka salah satu produk layanan dari Google yang dikhususkan untuk para developer sebagai media untuk penyimpanan data dengan ukuran yang sangat besar. Layanan ini memungkinkan kita untuk membuah sebuah layanan sharing file, sharing video atau sharing foto dengan sangat mudah tanpa memikirkan bagaimana cara untuk mebangun infrastruktur server. 

Google AppEngine
Google AppEngine adalah salah satu layanan Google untuk memungkinkan kita membuat dan menjalankan aplikasi berbasis web. Layanan ini mempunyai versi gratis dan berbayar yang bisa kita gunakan. Untuk versi gratis disediakan space penyimpanan 500MB dengan kapasitas processor dan bandwith yang ditawarkan GOogle AppEngine mampu unutk 5 jyta page-view setiap bulannya. Pada saat awal di luncurkan Google AppEngine hanya mendukung bahasa pemrograman Python, kemudian dikembangakan lagi hingga mendukung teknologi java, PHP, Go, Ruby dan dilengkapi dengan framework google. 

Google Compute Engine
Google Compute Engine adalah sebuah jenis layanan Cloud yang ditawarkan oleh Google unuk membantu kita membangun sebuah cloud server, jad kita bsa mengontrol penuh mesin linux yang kita bangun diatas server Google. Layanan ini mampu menmpung aplikasi web kita yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Ruby atau PHP.


Jika anda mencari referensi - referensi tentang pembayaran online, anda dapat melihat di website Bali Web Developers.

Komentar