Pengetahuan Dasar Fotografi Yang Perlu Anda Pelajari : Cara Menggunakan Fokus Pada Lensa Kamera


Cara Menggunakan Fokus Pada Mode Auto

Aktifkan mode auto focus (AF) dengan menggeser tombol ke mode AF. Kemudian cobalah anda bidik salah satu benda disekitar anda. Lalu tekan tombol shutter separuh atau 1/2 kemudian tahan. Anda akan melihat ring lensa bergerak sendiri dengan berputar kiri-kanan untuk mencari fokus pada benda tersebut. Coba perhatikan viewfinder anda, subjek telah terkunci maka ring lensa akan berhenti berputar dan titik fokus akan menunjukan kedipan merah. Selanjutnya silahkan anda tekan full tombol shutter untuk mengambil gambar. 

Ingat, jika masih dalam mode auto jangan pernah coba-coba memutar ring fokus secara manual menggunakan tangan karena itu bisa merusak mesin fokus pada lensa anda, kecuali lensa anda menggunakan mesin fokus FTM (Full Time Manual).

Cara Menggunakan Fokus Pada Mode Manual

Jika anda sudah paha, kerja fokus pada mode auto, maka saatnya anda mulai belajar menggunakan mode manual focus (MF). 

Ubah dulu mode fokus dari AF ke MF. Bidik salah satu benda disekitar anda. Kemudian tekan tombol shutter separuh saja kemudian tahan, lalu putar perlahan ring fokus pada lensa ke arah kiri dan kanan menggunakan tangan anda untuk mengunci fokus pada benda tersebut. Ingat perhatikan viewfinder, jika benda yang anda bidik sudah terfokus maka titik fokus akakn menunjukan kedipan merah, selanjutnya tekan penuh tombol shutter untuk mengambil gambar tersebut. 

Ingat, anda jangan sampai keliru atau salah memutar ring pada lensa. karena selain lensa ring fokus terdapat pula ring untuk mengatur zoom. Tapi untuk mengetahui perbedaannya tidaklah sulit. Anda bisa melihat pada viewfonder jika terjadi zoom saat memutar sebuah ring pada lnsa maka berarti ring yang anda putar itu adalah ring zoom. Dengan begitu akan ketahuan bahwa ring yang lainnya adalah ring untuk mengatur fokus.

Komentar