Pengetahuan Dasar Fotografi Yang Perlu Anda Pelajari : Cara Menggunakan dan Mengatur Letak AF Point(Titik Area Fokus)

Pilihan AF Point

Kali ini saya akan membahas dengan menggunakan kamera jenis canon sebagai contoh. Pada kamera canon terdapat 2 pilihan AF point yang bisa anda gunakan yaitu automatic selection dan manual selection.

AF point automatic selection

Cara kerja AF point automatic selection yaitu program secara auto melakukan seleksi pada bagian mana dari subjek atau objek yang menurut program layak difokuskan kemudian program akan meletakkan AF point pada area tersebut. Namun, pada pilihan AF point ini programlah yang menentukan letak AF point yang bisa saja berbeda dengan keinginan anda.

AF point manual selection

Bila pada automatic selection dikendalikan oleh program, maka pilihan AF point manual selction anda sendirilah yang memegang kendali untuk mengatur dan meletakkan AF point pada 9 titik fokus sesuai keinginan anda.

Cara Mengganti Pilihan AF Point
Tekanlah tombol zoom (+) untuk masuk ke menu AF point, tombol zoom (+) berperan sebagai shortcut menu AF point. Setelah anda menekan tombol tersebut maka selanjutnya untuk mengganti pilihan AF point (baik auto maupun manual) maka silahkan tekan tombol tengah (SET) pada tombol navigasi. Nah, untuk mengatur dan memindahkan letak AF point pada 9 titi fokus, caranya dengan menggunakan tombol navigasi (kiri, kanan, atas, bawah).

Cara Yang Benar Meletakan AF Point

Ketika anda memotret seseorang maka anda harus letakkan AF point pada titik point yang berdekatan dengan area mata.



Sumber : www.kelasfotografi.com

Komentar