Inilah Tips-Tips Profesional Foto Malam Hari dengan Smartphone

Kebanyakan kamera smartphone tidak pandai memotret foto di malam hari. Ya, tidak seperti foto yang diambil pada siang hari dengan cahaya terang. Ada banyak penghalang yang tidak terlihat saat memotret saat malam hari, saat hanya terdapat sedikit cahaya dan kontras yang tinggi antara area yang disinari cahaya dan yang gelap. Berikut ini adalah kiat-kiat agar memotret di malam hari dengan smartphone menjadi lebih baik.

1. Gunakan Mode Manual
Hasil gambar untuk Gunakan Mode Manual di malam hari
Kita harus menggunakan mode manual. Jika tidak ada mode manual di smartphone, kamu bisa menhadirkan lewat aplikasi seperti Footec Camera.

2. Gunakan Night Mode
Hasil gambar untuk Gunakan Night Mode di malam hari
Fitur ini hampir ada setiap smartphone yang beredar di pasaran ini. Dengan fitur Night mode, hasil foto akan menjadi lebih baik karena telah terjadi beberapa filterisasi yang mencocokan dengan waktu pada malam hari.

3. Gunakan Tripod dan Timer
Hasil gambar untuk Gunakan Tripod dan Timer di malam hari
Untuk memotret di malam hari yang lebih banyak. Agar hasilnya tidak blur, sebaiknya gunakan timer atau remote untuk menekan tombol shutter. Jika terpaksa menggunakan shutter secara manual, jangan bergerak sedikit pun.

4. Atur Shutter Speed, Aperture, dan ISO
Hasil gambar untuk Atur Shutter Speed, Aperture, dan ISO di malam hari
Dalam mode manual, aturlah shutter speed yang lebih lambat untuk menangkap cahaya lebih lambat untuk menangkap cahaya lebih banyak. Kamu bisa menggunakan shutter speed hingga 30 detik atau sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Untuk apperture biasanya disesuaikan dengan shutter speed. Secara garis besar, fungsi shutter speed dan aperture adalah mengontrol seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera.

Sementara, ISO fungsinya untuk menentukan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan oleh sensitivitas dari sensor yang digunakan. Singkatnya, ISO rendah cocok digunakan pada kondisi terang seperti siang hari. ISO tinggi cocok digunakan pada malam hari.

5. Cari Tempat yang Tepat
Hasil gambar untuk cari tempat yang tepat fotografer di malam haris
Untuk mendapatkan foto yang menakjubkan tentunya kita tidak bisa sembarangan memotret di berbagai tempat. Kita harus mencari sudut pandang yang berbada dan sekiranya bisa menghasilkan foto yang tidak biasa.

Jika anda mencari referensi - referensi tentang pembayaran online, anda dapat melihat di website Bali Web Developers.

Sumber : jalantikus.com

Komentar