Beberapa Aplikasi Smartphone Ini Sangat Berguna Untuk Fotografer Landscape

Untuk memperoleh foto dengan cahaya alami terbaik, yang paling ideal adalah bila kita bisa membuat karakteristik cahaya di lokasi hunting sebekum kita berangkat. Dengan bantuan aplikasi, kita bisa lebih tahu posisi matahari di lokasi tertentupada jam dan tanggal yang kita pilih. Mau tau apa saja, berikut adalah beberapa aplikasinya 

1. Sun Seeker
Sun Seeker merupakan salah satu aplikasi fovorit karena mudah dipakai dan cukup canggih. Daya tarik uatama Sun Seeker adalah fitur augmented reality 3D. Cara pemakainnya adalah cukup buka aplikasi ini di tempat anda berdiri maka dengan menggunakan kamera belakang smartphone ia akan menunjukkan di sebelah mana matahari berada dan jalur yang akan dilewati matahari sepanjang hari, lengkap dengan garis-garis ilustrasinya. 

2. The Photographers Ephemeris (TPE)
Dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui bagaimana sinar matahari atau bulan akan jatuh di posisi spesifik, pada jam spesifik dan tanggal tertentu. Cara menggunakannya, Anda tinggal masukkan lokasim waktu dan tanggal lalu aplikasi tersebut akan menujukkan di sebelah mana matahari, berapa ketinggiannya dan ke arah mana sinarnya. Aplikasi ini tidak ada grafis, tapi untuk fitur sekrusial itu, harganya masih angat terjangakau. Aplikasi ini tersedia di smartphone Andorid dan iOS.

3. Pashadelic
Aplikasi ini sebenarnya mirip dengan TPE, ada fitur untuk melihat posisi matahri dan arah sinarnya pada lokasi dan waktu yang kita pilih. Untuk kelebihnnya, aplikasi ini tak perlu membayar untuk menggunakannya. Kita harus bergabung menjadi member Pashadelic, karena ia mengandalkan komnutis yang saling berbagi lokasi foto untuk mendapatkan referensi spot foto landscapr yang keren di wilayah masing-asin.

Sumber : belfot.com

Komentar