Tips-Tips Membuat Password Agar Tidak Mudah Dibobol

Biasanya pengguna internet menggunakan password kata dan angka yang mudah diingat untuk mengamankan akunnya, Tapi nyatanya, itu bukanlah hal yang tepat. Merajalelanya aksi para peretas dalam membobol akun pengguna internet menuntut kita untuk lebih sadar akan keamanan identitas virtual. Nah, untuk menghindari hal yang tidak-tidak berikut adalah beberapa tips agar password kamu tidak mudah dibobol

1. Jangan Menggunakan nomor Berurut

Password dengan nomor urut seperti 0000, 2222 kemungkinakan berhasil dibobolnya sebesar 80 persen. Sistem kombinasi kode akan memudahkan password tipe ini dibobol. Untukk menghindari hal tersebut yang paling aman adalah dengan memilih angka secara acak dengan mengkomniasikannya dengan huruf.

2. Hindari Aspek Personal

Dengan menggunakan kata dan angka yang besifat personal atau kehidupan pengguna sehari-hari di dunia maya bukanlah hal yang tepat, meski mudah diingat. 

Biasanya sebelum meretas akun, hacker biasanya terlebih dahulu menelusuri latar belakang calon korabnnya. Maka dari itu tipe ini tidak disarankan.

3. Kombinasi kata, angka, dan simbol

Password tipe ini dikategorikan sebagai password tipe yang sangat kuat. Untuk memecahkan password ini, mesin enkripsi membutuhkan waktu kisaran 227 juta tahun.

4. Password berbeda untuk setiap akun

Buatlah password berbeda untuk setiap akun yang dimiliki. Password yang sama pada setiap akun akan mempermudah hacker mencuri data yang dimiliki oleh para pengguna.

5. Gunakan tiga kata acak

Kalimat acak dengan makna yang tidak berkaitan disebut sebagai password dengan tingkat keamanan cukup kuat. Menurut ahli keamanan jaringan, sistem enkripsi memerlukan waktu 35.000 tahun untuk meretas password tersebut.

Jika anda mencari referensi - referensi tentang pembayaran online, anda dapat melihat di website Bali Web Developers.

Komentar