Alasan Mengapa Kamera Webcam Laptop Sebaiknya Ditutup

Dengan menutup webcam adalah salah satu langkah yang efektif untuk mencegah orang lain merekam aktivitas kamu. Selain itu, ada beberapa alasan yang harus membuat tindakan menutup webcam menjadi penting.

1. Menghindari Pemerasan

Peredaran video di deep web mungkin memang tidak bisa semudah itu diakses oleh seseorang. Tapi, jika ada orang 'jahil' yang bisa merekam kegiatanmu, bukan tidak mungkin orang itu memerasmu dengan ancaman menyebarkan rekaman yang disimpannya. 

2. Menghindari rekaman yang tidak senonoh

Tahukah kamu, jika foto dan video orang dari rekaman webcam banyak dijual di Deep Web? Untuk file webcam pria, harganya hanya 0,25 dolar atau sekitar Rp 30 ribu. Tapi file webcam perempuan bia mencapai 25 dolar atau sekitar Rp 300 ribu. Bukan tidak mungkin kamu pernah membuka baju di depan laptop yang terbuka di kamar. Kamu bisa saja berpikir aman karena tidak ada orang, padahal siapa tahu ada yang memata-matai kamu lewat kamera webcam.

3. Menghindari Pengumpulan Data

Dengan webcam dan mikrofon yang ada di laptop bisa dipakai untuk merekam segala aktivitas. Dari rekaman ini, maka ada data pribadi yang bisa diambil dan dimanfaatkan oleh orang atau organisasi yang tidak kamu ketahui.

Jika anda ingin mencari referensi - referensi tentang pembayaran online, anda dapat melihat di website Bali Web Developers.

Sumber : 

Komentar