Tips Belajar Membuat Foto Light Painting

Foto light painting merupakan salah satu kreasi foto dengan memanfaatkan shutter speed lambat, sehingga kamera bisa merekam jejak cahaya yang kita buat dan membantuk beraga, model sesuai dengan keinginan kita. 

Berikut adalah cara membuat foto light painting, yuk simak

1. Atur bukkan kamera (Aperature) di f/8-f/11

Fungsinya adalah agar supaya keseluruhan foto akhir akan tampak tajam dari ujung ke ujung.

2. Setting kamera di mode manual

Tujuan dari menggunakan mode ini adalah supaya kita bebas mengatur shutter speed maupun aperture yang kita inginkan. Pastikan kamu sudah tahu bagaimana langkah-langkah mengatur shutter speed, aperture dan ISO di kamera, karena masing-masing kamera bisa berbeda cara settingnya. 

3. Atur ISO 100 atau 200

Fungsinya agar supaya kualitas foto maksimal dan terhindar dari noise yang mengganggu. 

4. Pilih Shutter Speed Lambat 10-30 Detik

Fungsi teknik ini agar kamera bisa merekam jejak cahaya yang akan kita buat, semakin rumit model dan bentuk cahaya nanti, shutter speed yang dibutuhkan juga pasti lebih lama agar kamera bisa merekam semuanya. Jika bentuk yang diinginkan hanya sederhana, silahkan sesuaikan shutter speed yang ada. Dan ingat, semakin lama shutter speed maka hasil foto akan semakin terang, ini berlaku jika kita ingin mengambil juga background tempat memotret. Jika butuh shutter speed lebih dari 30 detik, gunakan mode bulb di kamera. 

5. Melukis Dengan Cahaya

Ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan seeblum kamu menekan tombol shutter, yuk beriku adalah trik-triknya.

a. Pastikan sudah tahu konsep foto light painting yang akan mau dibuat.
b. Persiapkan sumber cahaya yang cukup terang, yang paling sederhanan adalah layar handphone, atur kecerahan layar sehingga cukup terang. Lebih baik lagi jika kita menggunakan lampu LED warna-warni.
c. Perhatikan lokasi pemotretan, jika terlalu banyak sumber cahaya lainnya, bisa saja hasil foto akan over eksposure atau terlalu terang. Silahkan cari tempat yang gelap.
d. Jika anda tidak punya tripod, kamera bisa di letakkan di atas meja atau kursi dengan permukaan datar, syaratnya kamera tetap bisa menangkap gerakan cahaya yang kamu buat nantinya atau tidak terhalangi benda apapun.
e. Hindari berdiri di tengah kamera dan sumber cahaya, usahakan kamu tidak menghalangi cahaya tersebut saat difoto.
f. Jikalau sumber cahaya agak redup, setiap kali membentuk satu model, perlambat gerakan yang ada agar tampak terang di foto, jika sumber cahya sudah terang, dengan gerakan biasa sudah mencukupi. Waktu kamu mulai menggerakan lampunya, usahakan lama setiap bentuk cahaya sama agar tidak ada yang lebih terang atau lebih redup.
g. Ingat foto light painting sangat tergantung pada kreasi kami, silakan berkreasi menggunakan berbagai sumber cahaya, atau menggunakan objek foto seperti mobil, motor, atau benda-benda lainnya, bisa juga kalau kamu mau berkreasi di pantai saat sunset atau sunrise.

Sumber : www.saveeva.com

Komentar