Tips Menjadi Web Developers Handal

Seiring bertambahnya zaman saat ini semakin banyak berkembangnya internet, dan juga profesi web developer juga telah berkembang menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek cerah. Jika anda tertarik dengan dunia IT seperti menjadi profesi web developer, anda dapat mempelajari beberapa hal agar bisa menjadi seorang web developer dengan skill yang tinggi.

Kemampan Dasar

1. Pahami Konsep HTTP
Komponen yang mendasar dalam dunia web adalah Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Pahamilah proses apa saja yang terjadi di sisi server maupun client, pada saat kita membuka halaman web.

2. Javascript
Menggunakan javascript memang membantu untuk memudahkan kita untuk bekerja lebih interaktif. Kita bisa membuat popup window, autocomplate, datepicker, dan masih banyak hal lainnya dengan menggunakan javascript.

3. HTML dan CSS
Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa yang digunakan untuk membentuk tampilan sebuah web. Dan dengan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS), kita dapat memformat tampilan tersebut dengan lebih mudah dan tentu saja menjadi lebih bagus.

4. Server Side Programming
Pemrograman Server Side adalah bagian terpenting dari pemrograman web dinamis. Di baguian ini anda dapat mempelajari pilihan bahasa pemrograman yang sangat banyak. Mulai dari bahasa yang sudah lama beredar seperti Perl, Ruby, PHP, JSP, dan Phyton hingga bahasa seperti NodeJS, Haskell, Scala, dan Go. Hingga saat ini PHP masih merupakan bahasa yang terpopuler karena mudah dipelajari dan diimplementasikan serta banyak referensi dan komunitas seputar PHP yang tersedia di internet. 

5. Database SQL  
Web dinamis tidak lengkap bila tidak menggunakan Database Management System (DBMS) sebagai sarana penyimpanan data. Database pada aplikasi web banyak sekali kegunaanya seperti menyimpan data user, artikel, transaksi penjualan, dan masih banyak lagi sesuai dengan jenis aplikasi web yang dikembangkan. Program database populer bisa kalian pelajari diantaranya seperti MySQL, PosterSQL, dan MariaDB yang bersifat open source atau oracle dan microsoft SQL Server yang merupakan aplikasi berbayar.

6. Web Server 
Konsep ini juga merupakan komponen penting. Tanpa menggunakan web server, aplikasi web yang kalian buat tidak akan bisa berjalan. Web Server populer yang banyak digunakan diantaranya Apache dan Nginx 

7. Web Hacking
Pelajari trik-trik web hacking seperi SQL Injection dan CrossSite Scripting (XSS). Dengan memahami hal tersebut maka kita bisa mencegah serangan-serangan hacker ke website kita. 

Kemampuan Tingkat Lanjut

1. Linux
Menggunakan Linux saat melakukan proses pengembangan web akan membiasakan anda untuk selalu aware terhadap pentingnya huruf besar dan kecil untuk menyimpan hasil upload. Hal tersebut bisa mencegah permasalahan yang timbul saat aplikasi web yang ditulis di Windows kemudian diupload ke server yang menggunakan linux.

2. Pelajari Framework
Framework sangatlah penting untuk menjaga coding kita tetap terstruktur rapi dan memiliki standar yang sama terutama bila aplikasi web dikerjakan bersama - sama. Penggunaan framework juga akan memisahkan layer logic, database query, dan tampilan sehingga aplikasi lebih mudah untuk di maintain. Beberapa framework yang populer di peruntukakan untuk bahasa PHP , seperti Laravel, Symfony, dan Yii. Untuk bahasa Phyton ada framwork bernama Django, Ruby On Rails untuk bahasa Ruby.

3. Advance Javascript
Dengan menguasai jQuery, anda bisa melakukan manipulasi terhadap halaman web anda dengan lebih mudah seperti membuat textfield menjadi autocomplate, membuat bagian halaman tertentu hilang atau tampil dengan kondisi tertentu. Selain Javasrcript library seperti jQuery, anda juga bisa mempelajari javascript framework seperti Angular atau RaectJS yang saat ini semakin populer.

4. Responsive Layout
Dengan menggunakan responsive layout maka tampilan web kita akan secara otomatis menyesuaikan diri dengan lebar layar yang membukanya. Kita dapat menggunakan Boostrap CSS yang akan sangat membantu dalam membuat responsive layout. Selain Boostrap ada juga Foundation JS.

5. Revision Control 
Revision control akan membantu anda untuk mencatat perubahan-perubahan yang terjadi pada coding anda. Dengan begitu anda bisa mendeteksi setiap perubahan, kapan perubahan tersebut, hingga siapa yang melakukan perubahan. Anda juga bisa melakukan revert ke versi coding sebelumnya bila diperlukan. 

Jika anda mencari referensi - referensi tentang pembayaran online, anda dapat melihat di website Bali Web Developers .

Sumber : www.codepolitan.com

Komentar