Jenis-Jenis White Balance (WB) dan Cara Penggunaannya

Kamera sudah menyiapkan settingan khusus untuk mengimbangi warna dari pencahyaan pada situasi tertentu, seperti pada siang hari, saat mendung, pada malam hari, dan termasuk pencahayaan dalam ruangan. Pengaturan Untuk menangani situasi tersebut itulah yang disebut dengan White Balance (WB). Jadi, ketika anda memotret di siang hari maka anda bisa menggunakan white balance yang dikhususkan untuk menangai warna dari pencahayaan di siang hari. Begitu pula sengan situasi lainnya. Berikut adalah jenis-jenis white balance (WB) yang secara umum ada semua jenis kamera.

1. Auto White Balance (AWB)
White blance ini akan mengenali secara otomatis situasi pencahayaan yang dihapadi oleh kamera, entah itu saat siang, mendung, atau malam hari. Kemudian program akan merekomendasikan setting terbaiknya untuk menyesuaikan diri dengan temperatur warna pada situasi tersebut.

2. Daylight atau Direct Sunligt - Temperatur 5200K
Kali ini white balance dikhususkan untuk menangai temperatur warna dari pencahayaan di siang hari terlebih lagi ketika anda berada di bawah sinar matahari langsung. Jadi anda bisa menggunakan white balance ini bila memotret di siang hari.

3. Shade - Temperatur 7000K
White balance ini memiliki fungsi untuk menangai situasi yang sama seperti WB diatas yaitu siang. Namun white balance ini ditekankan untuk digunakan pada tempat yang ternaungi dari sinar matahari seperti dalam rumah atau di bawah pohon dan bukan di bawah sinar matahari langsung.

4. Cloudy - Temperatur 6000K
White balance ini dikhususkan untuk menghadapi situasi pencahayaan saat mendung.

5. Tungsen atau Indcandescent - Temperatur 3200K
White balance ini dikhususkan untuk menghadapi situasi pencahayaan yang bersumber dari bohlam atau lampu pijar yang warna cahayanya agak kekunign-kuningan. Jadi ketika anda sedang memotret dalam ruangan dengan pencahayan dari bohlam maka gunakan white balance ini.

6.Fluorescent (Lampu Neon Putih) - Temperatur 4000K
White balance ini dikhususkan untuk menghadapi situasi pencahayaan yang bersumber ari lampu neon yang cahayanya berwarna putih. Sama seperti Tungsten, white balance ini juga bisa anda gunakan untuk memotret dalam ruangan dengan sumber ruangan dengan sumber cahaya dari lampu neon.

7. Flash
Ini berfungsi untuk mengimbangi pencahayaan dari lampu flash pada kamera anda. Ketika anda menggunakan flash saat memotret maka gunakan white balance ini.

8. Custom
Yang satu ini anda bisa bentuk sendiri tempereaturnya dengan mengambil referensi dari temperatur warna pencahayaan yang ada di foto lain.

Cara Merubah Whute Balance (WB)

Letak menu white balance berbeda-beda pada semua jenis kamera, namun tidaklah sulit untuk menemukannya. Umunya white blance di tandai dengan kode WB. Jadi, langsung saja pilih menu WB di kamera anda dan silahkan pilih white balance yang anda butuhkan.

Komentar