Tips Menjaga Wifi Agar Aman dari Pembajakan

Di jaman serba internet ini, pasti sebagian besar orang banyak yang memilik Wi-Fi atau ada juga ang mempunyai modem yang bisa di bawa kemana-mana. Namun jika ada orang yang iseng ingin membajak Wi-Fi milik kamu, bagaimana reaksimu? . 

Mereka tidak hanya mengakses internet, mereka juga bisa mengintip hasil browsing dan datamu. Tapi jangan khawatir, kamu dapat melakukan hal yang bisa mencegah itu terjadi. Berikuta adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada Wi-FI milikmu

1. Rutin Mengganti Password
Kamu bisa melakukannya untuk mengamankan Wi-FI milikmu. Kama dapat melakukannya melalui pengaturan router. Biasanya terdapat panduan untuk mengubah kata sandi di setiap router. Ingat pilihlah kata sandi yang mudah diingat, tapi sulit untuk dibajak. Lebih baik lagi menggabungkan huruf kecil, kapital, dan angka. Itu nampaknya terlalu merepotkan, tapi lebih baik mencegah daripada memperbaiki.

2. Cek Pengguna Wi-Fi
Setalah kamu sudah mengganti password, kamu dapat melihat beberapa pengaturan lain. Di laman pengaturan biasanya terdapat daftar siapa saja yang telah menggunkan Wi-Fi mu itu. Jika ada nama yang asing, kamu perlu mewaspadainya.

3. Update Router
Untuk meningkatkan keamanan kamu juga bisa mengupdate sistem operasi router. Pastikan router yang kamu jalankan adalah sistem operasi yang terbaru. Biasanya, tiap update akan meghadirkan peningkatan keamanan. Kamu bisa menemukan caranya dibuku panduan. tiap router.

4. Gunakan Aplikasi untuk Memantau
Tips tambahan yaitu menggunakan aplikasi. Misalnya Fing yang tersedia unutk Android dan iOS. Untuk pengguna Windows bisa menggunakan Acrylic Wi-Fi, sedangkan untuk macOS gunakan Who Is On My Wifi. Semua aplikasi tersebut tersedia secar gratis dan membantu kamu untuk memantau jaringan WI-Fi.

5. Instal VPN
Meskipun Virtual Private Network (VPN) tidak akan membantu sepenuhnya, setidaknya VPN menambah lapisan keamanan Wi-Fi. Jika orang asing bisa menembus jaringan Wi-Fi, mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk mengintip hasil browsing dan data kamu. Harus kamu ketahui jika kamu memasang VPN, hal ini akan menyebabkan sedikit penurunan kecepatan internet.

6. Mengaktifkan Mac Filtering 
Mac Address Filtering adalah metode penyaringan guna membatasi hak akses dari Mac Address yang bersangkutan. Kinerja Mac Filtering yakni dapat melakukan seleksi komputer mana yang boleh masuk kedalam jaringan dengan patokan Mac Address. Untuk mengatifkan Mac Filtering ini anda harus melakukan metode seperti alamat Mac dari perangkat komputer user harus melakukan pendaftaran terlebuh dahulu agar bisa terkoneksi dengan jaringan wireless. Caranya klik klik wireless, lalu klik Wireless MAC Address filter, setelah itu klik tombol radio aktif. 

7. Menonaktifkan Broadcast SSID
SSID merupakan singkatan dari Service Set Identifier yang merupakan tempat untuk mengisikan nama dari access point yang akan di setting. SSDID juga merupakan case-sensitive yang tidak boleh melebihi 32 karakter dan SSID harus identik untuk semua perangkat dalam jaringan wireless Wi-Fi. Cara untuk menonaktifkan broadcast SSID adlaah dengan cara klik Interface Setup, lalu masuk ke pengaturan nirkabel dan Broadcast SSID, lalu pilih unutk menonaktifkan.

8. Mengaktifkan Enskripsi 
Enskripsi merupakan ukuran security yang pertama, hanya saja ada banyak titik akses nirkabel (WAP) yang tidak menggunakan enskripsi secara default. Untuk menggunakan WAP, WAP juga harus mendukung. Dari sisi client juga harus dapat mendukung WAP yang kan dipakai. Caranya adalah dengan pilih Interface Setup, masuk pengturan nirkabel, masuk type ChangeAudithetincation "menu dropdown, kemudian pili Type Orientation.


Jika anda mencari referensi - referensi tentang pembayaran online, anda dapat melihat di website Bali Web Developers .

                www.plimbi.com

Komentar