Inidia! Tips Untuk Memilih Hard Disk Eksternal

Hasil gambar untuk Hardisk Eksternal
Kebutuhan terhadap Hard Disk Drive eksternal bagi pengguna laptop semakin hari makin kian meningkat. Namun, memilih hard disk ksternal terbaik bukanlah hal yang mudah karena kamu harus benar-benar memperhatikan kualitasnya. Nah berikut adalah tisp untuk memilih hard disk yang berkualitas.

1. Kecepatan Rotasi

Hard disk yang berputar pada kecepatan 7200 RPM akan menyuguhkan performa yang jauh lebih baik ketimbang hard disk 5400 RPM. Bahkan beberpa hard sisk terbaru saat ini sudah mampu berputar pada kecepatan 10.000 RPM.

2. Operasi Sistem

Sistem operasi OS X dan Windows menggunakan file sistem yang berbeda (HFS+ dan NTFS) sehingga kebanyakan manufaktur juga membuat HDD eksternal khusus untuk kedua platform tersebut. Oleh karena itu, pastikan di sistem operasi mana hard disk tersebut akan digunakan.

3. Konektivitas

Saat ini kebanyakaan hard disk menggunakan port USB untuk tersambung ke komputer, yang terdiri dari USB 3.0 dan USB 2.0. USB 3.0 mampu menghadirkan kecepatan 5 Gbps yang jauh lebih cepat ketimbang USB 2.0 sebesar 480 Mbps. Menariknya, USB 3.0 juga tetap dapat digunakan pada komputer yang hanya memiliki port USB 2.0. Terdapat juga hard disk yang menggunakan koneksi lewat port thunderbolt yang mampu menghadirkan kecepatan data dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0.

4. Kapasitas

Kamu bisa memperhitungkan berapa kapsitas yang kamu butuhkan sehingga kamu tidak membeli hard disk dengan kapasitas yang lebih rendah dari kebutuhan.

5. Fitur 

Beberapa fitur yang wajib ada pada sebuah hard disk di antaranya adalah backup dan juga password protection. Terdapat juga berbagai macam fitur lain yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. 

6. Ukuran Hard Disk 

Salah satu alasan banyak orang yang membeli hard disk ekdternal ialah karena ukurannya yang kecil. Jika kamu membelu hard disk eksternal yang ukurannya besar, tentu akan merepotkan kamu sendiri saat ingin mengakses. Untuk hard disk eksternal dengan ukuran besar biasanya membutuhkan daya listrik tersendiri saat ingin menghidupkan. Ukuran hard disk eksternal yang direkomendasikan untuk kamu beli adalah ukuran 2.5".

7. After Sales

After Sales atau tempat servis adalah hal yang kamu harus perhatikan sebelum membei hard disk eksternal. Membeli sebuah hard disk eksternal dari produsen yang besar, tentu kamu dapat dengan mudah melakukan servis saat hard disk eksternal tersebut rusak. 

Jika anda mencari referensi - referensi tentang pembayaran online, anda dapat melihat di website Bali Web Developers.

Sumber : 

Komentar