Waspada, Inilah Beberapa Dampak Smartphone Bagi Remaja

Seiring perkembangan jaman, kini teknologi sudah berkembang pesat dan salah satu teknologi perkembangannya sangat pesat adalah smartphone. Perkembangan smartphone saat ini memang memudahkan hidup. Tapi, sadarkah kamu bahwa smartphone juga membawa suatu dampak buruk, terutama bagi para remaja yang banyak menggunakannya. Yuk simak apa saja dampak-dampak dari smartphone bagi remaja

1. Sakit Kepala

Dampak buruk layar biru smartphone bagi remaja membuat jam biologis kamu menjadi terganggu, salah satunya adalah pola tidur yang tidak sehat, sehingga menyebabkan sakit kepala. 

2. Kelainan Postur Tubuh
Saat sedang asyik chatting dengan teman, pasti kamu sering sampai bungkuk-bungkuk chatting sambil duduk menunggu sesuatu. Jika kamu sering melakukannya, segera hentikan jika tidak ingin nantinya bungkuk. Selain bungkuk, kesringan chatting di smartphone juga berisiko membuat jari kelingking bengkok.

3. Penglihatan Terganggu
Bahwa smartphone itu mengeluarakn sinar biru yang bisa membuat penglihatan terganggu. Lama-kelamaan penglihatan mata kamu akan berkurang sehingga membuat pandangan menjadi kabur. Bahkan, anak muda yang sering menggunakan smartphone sambil tiduran bia rentan terserang kebutaan akibat sindrom Trasient Smartphone Blindness. Sindrom ini menyerang mereka yang menggunakan smartphone sambil tidur miring dengan mata tertutup sebelah.

4. Mengurangi Daya Tangkap Otak
Dampak buruk dari smartphone juga berakibat fatal pada otak. Meski belum ada bukti ilmiahtentang dampak radiasi smartphone terhadap otak manusia, namun smartphone bisa membuat daya nalar remaja menurun. Hal ini disebabkan oleh remaja yang sering menggunakan smartphone akan mengandalkan smartphone untuk melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan penalran, yakni merekam percakapan, mencari apa-apa di Google, dan masih banyak lagi . Dampaknya otak tidak dilatih untuk terbiasa mengingat sesuatu jika terus-menerus mengandalkan smartphone.

5. Menggangu Pendengaran
Mendengarkan musik dengan menggunakan headphone atau earphone memang sangat menyenangkan. Tapi ingat, mendengarkan musik di smartphone menggunakan earphone dengan volume tinggi bisa mengakibatkan pendengaran terganggu.

6. Mengurangi Interaksi Sosial
Saat berkumpul dengan teman, kebanyakan remaja sekarang ini malah sibuk dengan smartphone untuk check-in di Path, buat status di Facebook, hingga membalas pesan yang masuk. Hasilnya interaksi dengan teman-teman pun berkuarang. Bahkan tidak sedikit yang samapi lupa dengan waktu dan asyik sendiri gara-gara main game di smartphone.

Jika anda ingin mencari referensi - referensi tentang pembayaran online, anda dapat melihat di website Bali Web Developers.

Sumber : jalantikus.com

Komentar